Wednesday, January 20, 2010

Rubik's oh Cube oh Ubi

gw lagi keranjingan sama rubik's yang gw kasi nama UBI, wekekekek, oke laa..buat temen2 yang masi belajar rubik's dan nyoba buat nyelesein rubiks, skarang gw bakal jelasin step by step, gimana caranya buat selesein rubik's :astig:

pertama mesti belajar notasi dulu, diantaranya yg masi gw pake sampe skarang s, F (Front), U (Up), R (Right), L (left), B (Back), f (Front kecil).
  • F dan F', memutar bagian depan dari rubik's 90 derajat, buat F ke kanan, F' ke kiri.
  • U dan U', memutar bagian atas rubik's 90 derajat, buat U ke kanan, U' ke kiri.
  • R dan R', memutar bagian kanan rubik's 90 derajat, buat R ke atas, R' ke bawah.
  • L dan L', memutar bagian kiri rubik's 90 derajat, buat L' ke atas, L ke bawah.
  • B dan B', memutar bagian belakang dari rubik's 90 derajat, buat B ke kanan, B' ke kiri.
  • f dan f', sama seperti F, cuman yang diputer 2 bagian dari rubik's, f ke kanan, f' kekiri.
kedua yang mesti dipelajarin yaitu ngebuat cross dibagian kuning, dengan warna putih, bagian center warna kuning, bagian cross lain buat jadi putih. hal ini cuman perlu pake latihan aja. ga ada rumusnya. langkah kedua, bagian putih dari cross itu ada dibawahnya disamain sama bagian center dari bagian pinggir. dan diputer sampe 180 derajat. buat lebi jelasnya silakan cek di video disini, disini, dan disini.

tadinya gw mau jelasin per step pake tulisan, ternyata susah oii..jadi gw kasi link buat blajar dari video aja ya..selamat bermain rubik's :wave:

1 comments:

Ilham Bashirudin said...

Q pusing kalo main ini, mendingan maen sudoku, monggoh mampir ke bashirudin.blogspot.com