Friday, January 15, 2010

Menuju Kampus Part 1

2 bulan lagi, alias bulan Maret, temen-temen yang duduk dikelas 3 SMA bakal ngadepin yang namanya ujian nasional, yang dimana nilai minimumnya 5.5, uda pasti berat buat siswa kelas 3 SMA, tapi menurutku, bukan ini prioritas utama buat seorang siswa yang menjelang kelulusan, jadi keinget 2 taun lebi yang lalu, waktu gw masi SMA, waktu itu banyak tawaran PMDK yang daftar kuliah berdasarkan nilai raport yang jelas di-invite dari perguruan tinggi itu kesekolah masing-masing. Yang ga dapet undangan, jelas ga bisa ikutan PMDK, dan biasanya jurusan yang disediakan itu terbatas alias jurusan tertentu yang disediakan oleh universitas tersebut.

Waktu itu s, banyak undangan PMDK dateng kesekolahku, SMA Negeri 1 Metro, Lampung, yang memang sekolah favorit di Lampung, waktu taun gw s, lulusan UAN nilenya tertinggi di Lampung, jadi lumayan banyak masuk undangan PMDK. Karena kelas gw yang juga kelas unggulan waktu itu, IPA 1, jadi biasanya yang ditawarin duluan s kelas gw, karena emang nilenya qualified gitu :ahaha: dulu s gw punya temen deket, cewek, namanya bio, yang asli bogor, almarhum mamanya dimakamin di bogor, waktu itu s, dia bilang, pengen deket sama makam mamanya, dan ternyata beneran dia orang pertama yang dapet universitas, yap! IPB alias Institut Pertanian Bogor yang emang jelas ada di bogor, alias satu kota dengan makam mamanya, waktu itu s, dikelas gw ada 3 orang yang keterima, dan 1 orang lagi dari kelas IPA 2. Setelah Bio dapet universitas gitu, banyak anak-anak lain yang mulai lomba buat daftar PMDK, termasuk gw yang waktu itu daftar Kedokteran di Unibraw. Yang dari list nilainya itu, uda masuk syarat, tapi sialnya waktu itu ada kesalahan, jadi seharusnya taun gw ga dapet itu undangan, karena taun lalu sekolah gw dapet PMDK 15 orang tapi ga ada yang diambil, jadi seharusnya s taun gw kena semacam pinalti gitu, tapi entah knapa itu undangan sampe kesekolah gw. Alhasil gw ga dapet PMDK di Unibraw. Jadi saran gw s buat temen-temen yang mau daftar PMDK, mesti yang namanya cek ulang apakah ada kesalahan dari PMDK ato permasalahan dari undangan itu, karna biasanya satu siswa cuman dapet kesempatan satu kali daftar PMDK, karna biar ga ngabisin quota buat temen-temen yang lain.

Selain itu, kita mesti tau, apa yang kita mau, jurusan apa yang kita suka, jelas yang punya masa depan. Menurut gw di Indonesia uda banyak Perguruan Tinggi yang baik. Kayak UGM, UI, ITB, IPB, itu Perguruan Tinggi Terbaik yang pasti juga Perguruan Tinggi Favorit Indonesia, tapi jelas masuknya ga semudah memutar telapak tangan. Perlu usaha keras dan ekstra keras karena memang saingan seluruh Indonesia, di atas langit masi ada langit. kenyit

Gw yakin banget, pasti temen-temen pengen buat ngedapetin ato kuliah di Perguruan Tinggi Idaman masing-masing. Tapi hal itu ga bakal bisa tercapai kalo ga ada usaha dan doa. Selain itu, menurut gw s lebi baik cari "cadangan" kuliah yang biasanya uda dibuka jauh hari sebelum UMPTN alias UM ato USM dari universitas swasta. Menurut gw ini penting, karena jelas kita tau kuliah di universitas swasta itu ga murah, biasanya yang uda daftar sebelum ujian penerimaan mahasiswa baru di universitas negeri, pasti biaya kuliah alias biaya bangunannya lebih murah daripada yang daftar setelah ujian masuk universitas negeri. Dan ini merupakan cadangan misalnya nanti ga diterima di universitas inceran kamu. Salah satunya dikampusku, Universitas Islam Indonesia yang emang uda dari bulan Desember kmaren uda ngebuka penerimaan mahasiswa baru, yang dimulai dari Paper Based Test ato Computer Based Test yang masing-masing ujiannya pake kertas ato via komputer. Keuntungannya s lebi cepet pake sistem CBT karena emang hasilnya bisa cepet keluat, buat temen-temen yang mau tau informasinya klik disini.

Posting ini ga bakal bisa ada kalo gw ga ikutan Lomba Blog UII yang emang jadi inspirasi utama buat gw. Menurut gw lomba ginian perlu banget ya, karena selain jadi informasi buat temen-temen yang lagi bingung cari kampus buat ngelanjutin studinya, juga jadi ajang kreasi dari blogger-blogger. Baiknya s lomba ginian terus ada biar lebi terpacu buat blajar lebih dalam lagi, yang jelas, postingan gw kali ini to be continue alias bersambung dan masi ada postingan selanjutnya yang Insya Allah gw bakal bahas juga termasuk temen-temen yang mau cari beasiswa baik di dalam negeri ato luar negeri, cuman butuh waktu buat cari informasinya yaa..
:siga: yahh..sabar dan ditunggu yaa temen-temen..wekekekekek..buat informasi juga, di UII juga menyediakan beasiswa loh, bisa dibuka disini.
Semoga postingan ini bermanfaat yaa..semoga gw juga bisa keluar jadi juaranya.. sembah

2 comments:

bhogey said...

wakakkaka..
okela, semoga menang kompetisi yaa..
kita bersaing.... :D
tapi aku belum buat tulisan nih

VieLicious said...

wekekekekek
hati-hati kau anak muda
siap2 kalah kau dek
:D